Minggu, 02 November 2014

Program Statement FOR NEXT

Untuk langkah awalnya sudah tidak perlu dijelaskan kembali, karena pada soal no. 1 sudah dijelaskan. Langsung saja berikut code untuk membuat program membentuk segitiga smaa sisi pada Qbasic dengan statement FOR .... NEXT.

Bisa dilihat kan code diatas, untuk DIM .... AS .... gunanya sama seperti program sebelumnya. CLS untuk membersihkan tampilan laya (Clear Screen). INPT “Masukkan Angka :”, z untuk menginputkan nomer/angka didalam program nanti.
x = z
y = z
FOR p = 1 TO z
    PRINT TAB(y);
    FOR q = 1 TO p
        PRINT q;
    NEXT q
    PRINT
    y = y - 1
NEXT p
END
Untuk variabel x dan y nilainya varibel z, variabel z adalah angka yang nantinya kita akan inputkan. FOR p = 1 TO z untuk p bernilai 1 sampai z (nilai yang kita inputkan) maka akan di print TAB(y);, untuk TAB(y) digunakan untuk mencetak output kekolom y yang sudah ditentukan. FOR q = 1 TO p untuk q bernilai 1 sampai p maka output yang ditampilkan nilai variabel q. NEXT q akan mengulang nilai variabel q maka outpu yang ditampilkan kosong. Y=y – 1 y bernilai y dikurang 1 dan variabel p akan melakukan looping sampi semua kondisi sudah terpenuhi dan program berhenti atau END.

Berikut tampilan program nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar