Minggu, 02 November 2014

Membuat Program Fibonachi QBasic

Untuk kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat program Fibonachi di Qbasic. Pertama, buka dahulu program Qbasic nya.

Setelah muncul tampilan seperti diatas langsung saja masukin codenya untuk membuat program fibonachi, nih codenya.

Dari code diatas bisa saya jelaskan, DIM a, b, c, d, x AS INTEGER digunakan untuk mendefinisikan bahwa untuk variabel a, b, c, d, x adalah variabel yang bertipe data INTEGER (number). CLS, digunakan untuk membersihkan layar (Clear Screen). INPUT “Masukkan Angka :”, x dalam program ini digunakan untuk menginput angka dalam program nanti, karena tadi didefinisikan dengan tipe data INTEGER jadi data yang harus diinputkan berupa angka/number.
Nah untuk code yang ini merupakan code utama/inti dari program ini, berikut codenya.
FOR x = 1 TO x STEP 1
IF x = 1 THEN
b = 1
 PRINT 1;
ELSEIF x = 2 THEN
c = 1
PRINT 1;
ELSE
d = b + c
PRINT d;
b = c
c = d
END IF
NEXT x
Dalam program ini saya menggunakan statement FOR .... NEXT. Jadi, FOR x = 1 STEP 1 yaitu untuk x bernilai 1 sampai x STEP (ditambah) 1. Setelah NEXT, ada statement IF .... ELSEIF ... ELSE untuk code bisa dilihat diatas, jika x bernilai 1 maka b juga bernilai 1 lalu out yang akan ditampilkan 1. Kondisi 2 x bernilai 2 maka c bernilai 1 out yang ditampilkan 1. Kondisi 3 d bernilai b + c out yang akan tampil adalah hasil dari penjumlahan b dan c, b = c, c = d.
END IF, untuk mengakhirkan statement IF. NEXT x, merupakan pasangan dari FOR, jadi untuk variabel x akan dulang kembali sesuai dengan jumah yang kita inputkan. END, didgunakan untuk menyelasikan program (stop). Setelah selesai, tekan F5 untuk me-Run program dan hasilnya seperti berikut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar