Minggu, 02 November 2014

Konsep Tree dengan CMD

         Untuk membuat konsep Tree, pertama kita buka run à cmd.


Setelah cmd terbuka, pilih directory untuk kita membuat foldernya disini saya menggunakan directory D:\Document and Settings\aan.kurniawan>.

Setelah itu langsung buat saja konsep Tree nya, pertama kita buat directory utamanya kita kasih nama “Praktikum” dengan cara ketik md Praktikum à enter untk melihat sudah muncul atau belum ketik dir.

Selanjutnya, kita masuk kedalam directory yang sudah kita buat tadi caranya ketik cd Praktikum lalu akan muncul lokasi directori D:\Document and Settings\aan.kurniawan\Praktikum> berati kita sudah masuk kedalam directory nya jika kita cek dengan dir directory nya masih kosong, berikut tampilannya.

Setelah itu, baru kita isi directorynya dengan sub directorynya (Pemrograman, Desain Grafis, Sistem Operasi) caranya sama seperti membuat directory Praktikum yaitu md Pemrograman/”Desain Grafis”/”Sistem Operasi”, berikut tampilan yang suda jadi.

Setelah sub directorynya dibuat untuk membuat file directory didalam sub directorynya sama seperti cara diatas, ketik cd Pemrograman/”Desain Grafis”/”Sistem Operasi” à Enter à Buat directorynya kembali dengan cara seperti sebelumnya. Jika sudah selesai tampilan Treenya akan seperti ini.

Nah, lanjutkan mengisi Sub Directory (Desain Grafis dan Pemrograman) dengan cara yang sama. Disini akan saya jelaskan dulu untuk code cd.. nya, jadi perintah cd.. itu perintah yang digunakan untuk mundur satu directory atau dengan kata lain kembali ke directory sebelumnya (Back). Sedangkan untuk perintah tree itu sendiri adalah perintah yang digunakan untuk menampilkam susnan directory yang kita buat, tetapi susunan yang ditamplkan adalah susunan directory yang jika perintah kita ketik di dalam directory yang ingin kita lihat susunannya.
Jika yang tadi sudah kita isi semua, maka tampilan Tree nya akan seperti gambar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar