Sabtu, 25 Oktober 2014

Tutorial Menginstall VmWare & Linux (Kuliax)

Dalam menginstall hal yang perlu kita siapkan pertama adalah komputer (PC/Laptop). Setelah PC/Laptop sudah siap, siapkan juga aplikasi Vmware nya jika belum ada bisa di download di google. Berikut tutorialnnya.
Pertama, klik vmware.exe nya tunggu sebentar lalu akan muncul tampilan seperti gambar diatas.
Kedua, klik next à pilih “I accept .....” à klik Next à klik Next lagi dan akan muncul seperti ini.
           

Beri tanda check list jika kita ingin otomatis mengupdate vmare, jika tidak hilangkan tanda check list nya à klik Next à klik Next dan akan muncul.   
         

Pada bagian ini kita bisa menentukan dimana short cut dari vmware yang kita install dapat di letakkan (Desktop dan Menu Start). Tetapi jika kita tidak mau menyimpan short cut nya kita bisa menghilangkan check list pada tulisan Desktop dan Start Menu Programs Folder. Setelah kita memilih, klik tombol Next à akan muncul lagi perintah (abaikan saja) klik Continue.

Tunggu sebentar, vmware sedang dalam proses penginstallan. Setelah proses instalasi selesai akan muncul tampilan seperti gambar dibawah dan klik Finish.

Proses Instalasi vmware selesai dan vmware sudah bisa untuk digunakan. Untuk penginstalan linuxnya, pertama kita siapkan terlebih dahulu iso dari linux yang akan kita instal/pasang di vmware.
Disini saya akan menginstall linux Kuliax pada Vmware. Pertama, buka aplikasi Vmware yang sudah diinstall tadi.

Setelah dibuka Vmware nya, pilih Create a Nem Virtual Machine dan pilih directory file iso linux yang kita simpan.
Setelah iso linuxnya dapat, klik open à setelah klik open kita bisa langsung klik Next saja ke proses berikutnya.

Pada “Guest Operating System” kita pilih Linux dan pada “Version” kita pilih Other Linux 2.6.x Kernel à Klik Next à klik Next.

Pada bagian ini kita mengatur ukuran maximum disk yang dipakai untuk linux yang kita install à klik Next à klik Finish.

Linux sudah terpasang di Vmware, untuk menjalankannya pertama kita pilih Other Linux 2.6.x Kernel à klik Play Virtual Machine.

Tekan Enter untuk melanjutkan proses. Setelah kita menekan Enter kita akan otomatis langsung masuk ke proses Booting Linux Kuliax sama seperti kita proses Booting pada OS Windows.
    
Setelah selesai Booting kita bisa langsung menggunakan Linux yang sudah kita install.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar