Jumat, 31 Maret 2017

ANIMASI, DESAIN GRAFIS & 3D

A.     Animasi
Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Ada dua unsur penting yang terdapat dalam animasi, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.
Secara universal, Animasi adalah gambar begerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

B.     Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
C.     3D
3D (3 Dimensi) atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
D.     Jenis Tools Yang Digunakan
Saat ini terdapat banyak jenis tools yang memiliki kemampuan sederhana hingga yang kompleks. Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokan menjadi menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi.
1.      Software Animasi 2 Dimensi
Digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Contoh dari software Animasi 2 D ini, antara lain :
a.       Macromedia Flash
b.      Macromedia Director
c.       Swish Max
d.      ToonBoom Studio
e.       Adobe ImageReady
f.       Corel Rave
g.      Adobe After Effect
2.      Software Animasi 3 Dimensi
Fasilitas dan kemampuan yang dimiliki software animasi 3D antara lain membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import vidio dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus misalnya untuk animasi figurel (manusia), animasi landscape (pemandangan) dll. Contoh Software 3D antara lain :
a.       3D Studio Max
b.      Poser (figurel animation)
c.       Bryce (landscape animation)
d.      Vue
e.       Cinema 4 D
f.       Blender 
3.      Software Desain Grafis
Ada banyak software desain grafis yang bisa kamu gunakan untuk belajar desain. Berikut adalah tool yang dugunakan dalam desain grafis :
a.       Adobe In Design
b.      Adobe Page Maker
c.       Adobe Photoshop
d.      GIMP
e.       Krita
E.     Saran
Menurut saya, pembahasan kita kali ini mengenai desain grafis, animasi, & 3D mempunyai manfaat dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu, pada proses pembuatan animasi 3D diperlukan pengetahuan khusus tentang aplikasi yang dijadikan media pembuatan animasi. Dalam merancang animasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu objek animasi itu sendiri, kerangka tulang dari animasi yang berfungsi agar animasi dapat bergerak bebas, dan timeline yang berfungsi mengatur objek bergerak atau berhenti.
Pada hakikatnya, sebuah seni yg diciptakan oleh manusia dengan perasaan dan pemikiran agar menjadi sebuah seni yang indah dan bisa di nikmati oleh banyak orang. Begitu juga dalam Animasi, Desain Grafis, & 3D yang kita buat.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar