Senin, 24 November 2014

IPTEK dan KEMISKINAN

A.    IPTEK



IPTEK merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. IPTEK itu sendiri adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perkembangan teknologi, baik dari sejarahnya, pembaharuan teknologi baru, serta semua hal yang berhubungan dengan teknologi.
Selain itu, IPTEK juga dapat menjadi sebagai sumber informasi bagi kita untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita untuk mengetahui berbagai hal yang ada didunia ini khususnya dibidang teknologi.

Dizaman modern seperti ini, IPTEK sangat berkembang pesat. Perkembangan IPTEK saat ini dapat dibuktikan dengan munculnya berbagai jenis alat yang kita gunakan sehari-hari, seperti handphone yang dahulu merupakan barang yang bersifat tersier sekarang sudah menjadi barang yang bersifat wajib atau pokok. Didalam alat yang hanya seukuran genggaman tangan, kita sudah bisa tahu berbagai macam informasi, pengetahuan, dan wawasan yang cukup luas dari sebuah alat yang berukuran kecil.
Dengan perkembangan IPTEK dapat mempermudah pekerjaan manusia, dari yang tadinya sesuatu pekerjaan berat yang dilakukan oleh manusia dilakukan dengan waktu yang lama dan butuh tenaga yang besar, tetapi kini dengan perkembangan IPTEK yang begitu pesat pekerjaan manusia yang berta dapat dikerjakan tanpa kontak langsung dengan manusia dan waktu yang dibutuhkan begitu cepat dengan menggunakan sebuah mesin (robot).
Segala sesuatu pasti ada dampak positif dan ada dapak negatif nya, berikut dampak positif dan dan dampak negatif dari perkembangan IPTEK yang begitu pesat :
1.         Dampak Positif
·      Mudahnya Mendapatkan Informasi
·      Mudahnya Menyebarluaskan Informasi
·      Memperudah Aktivitas Manusia
·      Dapat Menambah Pengetahuan dan Wawasan
·      Mudahnya Menghubungi Satu Sama Lain Tanpa Bertemu Secara Langsung
·      Munculnya Metode Pembelajaran Baru di Bidang Pendidikan
·      Mempercepat Segala Aktivitas Manusia

2.         Dampak Negatif
·      Merosotnya moral anak-anak dan remaja akibat mereka tahu apa yang seharusnya mereka belum tahu.
·      Penyebaran tindakan asusila dan konten-konten porno yang dapat dengan mudah diakses  oleh semua orang.
·  Dapat menimbulkan perang antar negara karena dapat menjadi suatu senjata yang mematikan.
·      Timbulnya persaingan didunia kerja.
·  Timbulnya polusi akibat pesatnya perkembangan IPTEK, seperti di bidang industri, kendaraan bermotor, dll.
·      Semakin berkurangnya nilai tradisional.
·      Mempengaruhi pola fikir manusia.
Sebenarnya masih banyak dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan dari pesatnya kemajuan IPTEK. Tetapi hanya itu yang bisa dapat saya sampaikan.

B.    KEMISKINAN


Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana tidak dapat terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dasar untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Selain itu, kemisikina juga dapat diartikan sebagai keadaan dimana rendahnya tingkat pendapatan dari sekelompok masyarakat yang berada dalam garis kemiskinan.
Kemiskinan dapat dinilai dan dapat dilihat dari 3 segi. Pertama, segi subsistem yaitu pengahsilan yang hanya cukup untuk makan saja. Kedua, segi ketidakmerataan yaitu poisi relatif dari setiap golongan menurut penghasilan. Ketiga, segi eksternal yaitu mencerminkan konsekuensi kemiskinan berdasarkan masyarakt disekelilingnya dan mengakibatkan dampak sosial yang tidak ada habisnya.
Kemiskinan juga berhubungan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Dengan pesatnya perkembangan IPTEK, tingkat kemiskinan juga semakin meningkat. Ini dikarenakan rendahnya pengetahuan masyarakat dikalangan bawah tentang kemajuan teknologi yang sedang gencar-gencarnya saat ini.
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tentang dampak negatif dari pesatnya perkembangan IPTEK yaitu “Timbulnya persaingan didunia kerja”, ini merupakan salah satu penyebab dari naik nya tingkat kemiskinan. Karena dengan perkembangan IPTEK yang begitu pesat menyebabkan manusia dituntut untuk dapat mengerti dan mengikuti perkembangan IPTEK. Sehingga jika seseorang tidak dapat mengikuti perkembangan IPTEK maka kemungkinan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak sangat kecil dibandingkan seseorang yang dapat mengikuti perkembangan IPTEK.

Sekian yang dapat saya sampaikan, ikuti terus updatean terbaru. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan dapat membantu. Silahkan tinggalkan kritik dan sarannya.

Sumber :
Aan Kurniawan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar